Guru dan Seribu Kisah

 

Guru dan Seribu Kisah

Penulis
Srie Astuty Asdi - Sri Mujiati - Rossy Hilda - Dyah Nkusuma - Sugiyatno DM  - Sri Wahyuni - Maison Manakara - Hadijah - Slamet Suryadi - Dyah Kismiyanti - Fathya Santari - Julia Utami - Thomas Swalar Krispianus - Rosidah Resyad - Neni Hertika - Erman Zaruddin Usman - Ulfiani Samir K - Ade Fitria Fatimah - Tiwan Herniawan Karno - Mas'amah Mufti - Dedi Wahyudi - Yoannes Bowo Prasetiyanto - Yuliana Enggoa - Ainun Ahmad - Alvin Shul Vatrick

Editor
Ernawati Azis

Jumlah Halaman
viii + 134 Halaman
14 x 20 cm

ISBN: - (dalam proses)

Harga:
Rp 60.000,-

Sinopsis/Keterangan
Buku ini adalah kumpulan puisi bertema "Guru" yang ditulis oleh penulis puisi dari berbagai daerah di Indonesia. Jenis puisi umumnya adalah kontemporer serta penulis sebagian besar adalah berprofesi sebagai guru. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah semarak dunia perpuisian di Indonesia.

Puisi di zaman sekarang bukan lagi karya sastra yang kaku dan penuh persyaratan pakem-pakem yang harus diikuti sebagaimana syair, gurindam, atau pantun sebagai karya puisi lama. Namun, kini, kita lebih banyak menjumpai puisi yang bersifat bebas dan tidak terikat oleh adanya rima atau rumus persajakan, meskipun tetap ada ciri atau bentuk khas yang membedakannya dengan karya sastra yang lain. Ciri atau bentuk khas tersebut dapat berupa kekhasan dalam membuat tipografi, penggunaan diksi, tema-tema yang dipilih menjadi sebuah kebebasan yang berkarakter. Artinya, setiap orang dapat menggunakan sarana-sarana kepuitisan seperti irama, rima, diksi, dan lainnya untuk mengungkapkan ekspresi jiwa, bukan menjadikannya sebagai pengikat. Namun, kebebasan puisi sebagai sebuah karya sastra, puisi tetap harus memiliki unsur-unsur pembentuk yang berkaitan dengan lahir dan batin di dalamnya. Struktur lahir puisi yaitu unsur pembangun puisi yang bersifat fisik atau nampak dalam bentuk susunan kata-katanya. Sedangkan, struktur batin puisi yaitu unsur pembangun puisi yang tidak tampak langsung dalam penulisan kata-katanya.







1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama